15 Kiat Jitu Menurunkan Berat Badan

15 Kiat Jitu Menurunkan Berat Badan

Banyak wanita yang bangga dengan kegemukkan badannya. Namun banyak pula wanita yang mengeluh karena kegemukkan. Mereka telah berusaha dengan sekuat tenaga untuk menurunkan berat badan, diantaranya dengan menurunkan berat badan, diantaranya dengan obat pelangsing tubuh yang sesungguhnya berbahaya bagi kesehatan tubuhnya. Nah, untuk itu coba kini ikuti 15 kiat jitu yang dirangkai dari Shope /The Hope International Research Institute.

  1. Apabila Anda frustasi, kecewa, sedih atau merasa jenuh cobalah untuk melakukan sesuatu yang lain daripada kompensasi menyantap makanan. Pasalnya, banyak wanita yang tidak bisa mengendalikan nafsu makanya dikala stress atau marah. Mulai sekarang jangan turuti nafsu makan Anda dikala sedang marah, baik marah atau normal, makanlah seperti biasa, sehingga Anda tidak kaget menyaksikan timbangan berat badan Anda.
  2. Janganlah ikut-ikutan makan, lantaran orang-orang disekitar Anda makan, padahal bukan dalam jam makan. Bila Anda tidak merasa lapar, biasakan minumlah segelas jus atau air putih. Hal tersebut justru lebih menguntungkan berat badan dan kesehatan, dibandingkan harus ikut-ikutan makan dengan rekan-rekan Anda.
  3. Bila sering timbul keinginan jajan, bawalah makanan kecil rendah kalori dari rumah. Jangan sekali-kali membawa uang kecil saat berangkat kerja, karena ini mendorong seseorang untuk membeli jajanan.
  4. Kurangi konsumsi minuman yang banyak mengandung kafein. Ini penting, karena kafein (terutam pada kopi) dapat merangsang nafsu makan Anda. Kurangi atau bahkan lebih baik tinggalkan, dan gantilah dengan minuman air putih.
  5. Bila Anda memaksakan diri membeli camilan, boleh-boleh saja. Namun cobalah membeli dengan porsi kecil, bukan porsi keluarga. Sehingga tidak over menyantap.
  6. Jangan makan kurang dari 3 kali sehari. Mengapa ? ya, lantaran ini bisa menjerumuskan Anda untuk makan lebih banyak. Untuk itu, makanlah seperti biasa, pada jam makan yang telah ditentukan (Pagi, siang dan malam).
  7. Buatlah catatan harian makanan. Anda ini penting. Mengapa ? karena dengan mencatat apa yang Anda makan, kapan dan bagaimana perasaan Anda saat itu, maka catatan itu akan menyadarkan Anda berapa banyak yang Anda m akan dan mengapa, sehingga Anda dapat menanggulanginya.
  8. Rasa lapar yang Anda rasakan pada saat bekerja kadang-kadang disebabkan stress/frustasi. Kini cobalah berjalan-jalan keluar rumah atau naik turun tangga daripada duduk menikmati kopi, the manis dan kue.
  9. Tidurlah dengan cukup. Ini penting, lantaran banyak orang yang makan berlebihan pada saat mereka capek (kurang tidur/tidak cukup tidur).
  10. Minumlah es buah. Minum es buah justru lebih menguntunngkan Anda yang tengah berjuang menurunkan berat badan Anda, dibanding harus melahap es krim. Selain menyegarkan, es buah ini mengandung kalori rendah, disbanding es krim.
  11. Kalau anda kecolongan dan makan sesuatu tanpa rencana, jangan merasa bersalah. Cukup menganalisa apa yang membuat Anda kecolongan serta buat perubahan seperlunya, supaya tidak terulang kembali.
  12. Rahasia untuk tetap sehat dan senang menurut kepercayaan sebagian orang adalah mengisi sebelah perut Anda dengan makanan, seperempat dengan air dan seperempatnya dibiarkan kosong. Saya yakin telah mengerti maksudnya. Dengan kata lain Anda tidak boleh makan berlebihan menyantap makanan, sehingga Anda kekenyangan.
  13. Kerjakan sesuatu sepulang kantor, misalnya jalan-jalan, mandi atau menyiram kebun. Sepotong buah atau semangkuk sup atau mengalas perut hingga saat makan malam makanaan lainnya yang tentu berkalori tinggi.
  14. Tetapkan sebagai peraturan untuk tidak memasukkan apa saja kedalam mulut setelah makan. Ini penting, karena banyak wanita tergoda untuk ngemil dikala menonton televisi. Lebih baik minum air putih, jika Anda lapar pada malam hari.
  15. Makan hanya dari piring didepan Anda. Pasalnya, bila kian membiasakan diri denganmenyantap makanan dari piring atau temapt nasi yang lain, ini akan merangsang Anda untuk makan banyak, memang berat jika harus mengurangi porsi makannya.

Nah, kini mulailah Anda mengurangi porsi makan, tentu saja pada awalnya Anda akan merasa tersiksa. Namun kalau sudah terbiasa, Anda sendiri yang akan memetik manfaatnya